Iklan

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Editor
Senin, 21 Juni 2021 | Juni 21, 2021 WIB Last Updated 2022-06-13T16:45:20Z
Sejarah Hari Ayah Sedunia.
Sejarah Hari Ayah Sedunia.

Ngeliput.com - Hari Ayah Sedunia dieringati setiap tanggal 20 Juni.  Peringatan ini dilakukan untuk merayakan pentingnya ayah dan menghormati esensi kebapakkan. Sebab seorang ayah, merupakan panutan dan pahlawan super bagi kita.Ia juga lelaki istimewa yang menjadi sahabat, orangtua, dan pembimbing yang selalu melindungi kita dalam setiap fase kehidupan kita.

Ayah, sosoknya digambarkan sebagai manusia bijaksana, pelindung hingga pahlawan untuk keluarganya. Di samping seorang ibu, ayah menjadi figur terhebat untuk istri dan anak-anaknya. Bahkan sebagai bentuk penghargaan untuk seluruh ayah di dunia, setiap tanggal 20 Juni diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia. Berikut sejarah Hari Ayah Sedunia.

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Peringatan Hari Ayah Sedunia memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui.

Menyadur dari India Today, Hari Ayah Sedunia dilatarbelakangi sebuah kecelakaan kerja di pertambangan Monongah, West Virginia, AS yang terjadi sekitar 5 Juli 1908 1908, di West Virginia, Amerika Serikat. Setelah tragedi tersebut, seorang bernama Grace Golden Crayton menjadi orang pertama yang meminta kebaktian hari Minggu untuk seluruh korban, termasuk sang ayah yang turut meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Versi sejarah Hari Ayah Sedunia yang paling mendunia adalah kisah Sonora Smart Dodd yang mengusulkan Hari Ayah untuk menghormati sang ayah, William Jackson Smart. Sonora Dodd mendesak Spokane Ministerial Alliance menjadikan 5 Juni sebagai Hari Ayah yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun ayahnya,

William Jackson merupakan seorang veteran perang saudara Amerika sekaligus ayah yang mengasuh enam anaknya dengan penuh dedikasi dan kasih sayang. Ungkapan cinta dan terima kasih mendalam dari Sorona membuatnya menginginkan sebuah peringatan Hari Ayah di tahun 1910 sebagaimana peringatan Hari Ibu yang lebih dulu diusulkan Anna Jarvis. Pada akhirnya, gereja memilih hari Minggu ketiga di bulan Juni sebagai perayaan Hari Ayah.

Kala itu, perayaan Hari Ayah dimeriahkan oleh penyematan mawar merah dan putih oleh para perempuan untuk menghormati ayah mereka. Ayah Sorona Dodd turut merayakannya dengan membawa

Seiring berjalannya waktu, mantan presiden AS Lyndon B. Johnson pad tahun 1966 mendeklarasikan hari minggu ketiga di bulan Juni sebagai Hari Ayah. Kemudian pada tahun 1972, presiden AS Richard Nixon melalui undang-undang, resmi menetapkan Hari Ayah menjadi hari libur nasional di AS.

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Ayah Sedunia yang perlu kamu ketahui lebih lanjut. Hari Ayah Sedunia merupakan sebuah momentum setiap tahunnya. Ungkapan cinta dan terima kasih kepada seorang ayah selayaknya selalu tercurahkan setiap saat dari orang-orang terkasihnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejarah Hari Ayah Sedunia

Trending Now

Iklan