Kharisha Khanesha
Thursday, April 15, 2021, 4:22 PM WIB
Last Updated 2021-04-15T09:24:34Z
buku nikahdokumenNewsTravel

Tips Travelling, disarankan Bawalah Buku Nikah Saat Liburan

Tips Travelling, Bawalah Buku Nikah Saat Liburan




ngeliput.com
- Dulu yang masuk dalam daftar penting yang harus dibawa saat liburan bagi saya adalah KTP dan ATM.

KTP sebagai tanda pengenal akan diperlukan pada saat-saat tertentu dan tak terduga. Oleh karenanya harus selalu ada di dalam dompet. Apalagi jika saat liburan dan pergi ke tempat yang jauh.

Kartu ATM meskipun jarang digunakan karena sudah ada mobile banking tetap perlu dibawa. Ada saat-saat dimana pembayaran harus dilakukan dengan uang tunai. Dan saat uang tunai tidak cukup, beberapa tempat masih menerima pembayaran dengan kartu ATM. Tinggal gesek.

Sejak perjalanan pertama keluar negeri, maka dokumen yang harus dibawa bertambah dengan passport. Paspor menjadi dokumen penting yang harus dibawa jika keluar negeri. Kedudukannya menggantikan posisi KTP. Sedangkan ATM posisinya tidak tergeser.

Setelah menikah, ternyata ada satu dokumen lagi yang penting dibawa saat liburan, yaitu Buku Nikah.

Ada ada dengan buku nikah?


Buku Nikah adalah dokumen penting yang menyatakan bahwa dua orang yang berbeda jenis kelamin telah terikat secara sah sebagai suami dan isteri melalui pernikahan.

Jika ada pasangan suami isteri yang melakukan perjalanan liburan ke daerah lain, ada masanya mereka harus menunjukkan bukti berupa buku nikah.

Salah satu tempat yang akan meminta suatu pasangan untuk menunjukkan buku nikah adalah hotel atau penginapan.

Tidak semua hotel di Indonesia yang mewajibkan pasangan untuk menunjukkan buku nikah sebelum chek in. Tapi beberapa hotel, terutama hotel syariah akan meminta pasangan untuk menunjukkan buku nikah sebelum chek in dalam kamar yang sama.

Sebuah hotel syariah di Kalsel bahkan begitu ketat dengan peraturan ini. Meskipun pasangan tersebut ngotot bahwa mereka adalah suami isteri, dengan penampilan dan busana yang meyakinkan, jika tidak bisa menunjukkan buku nikah maka tidak akan bisa chek in di kamar yang sama.

Pilihannya adalah chek in di kamar yang berbeda atau pergi ke hotel lain yang mau menerima. Atau mungkin bisa menginap di rumah keluarga atau kenalan yang tidak akan meminta bukti berupa buku nikah.

Tidak mau kan liburan jadi berantakan hanya karena tidak bisa satu kamar dengan pasangan sah Anda.

Oleh karenanya jika Anda adalah pasangan suami isteri yang sedang berencana untuk liburan, masukkan buku nikah sebagai salah satu dokumen yang wajib dibawa.

Selamat liburan.

Artikel ini telah tayang di maringenet.com dengan judul : 1 Tips Travelling, disarankan Bawalah Buku Nikah Saat Liburan
Script Iklan Kanan disini