Bagi Penyandang Disabilitas 3 Fitur iOS 14 Ini Yang Sangat Bermanfaat

Bagi Penyandang Disabilitas 3 Fitur iOS 14 Ini Yang Sangat Bermanfaat

ngeliput.com - Ada kabar gembira bagi penyandang disabilitas. iOS 14 dan tvOS 14, pembaruan operating system (OS) terbaru dari Apple akan mengandung berbagai fitur yang mempermudah penyandang disabilitas.

Dilansir dari The Verge, berikut tiga fitur iOS 14 yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas, antara lain:

1. Sound recognition

Fitur pertama yang bermanfaat untuk penyandang disabilitas ialah sound recognition atau pengenalan suara. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memberi tahu ponsel mereka untuk mendengarkan 14 jenis suara seperti bel pintu, sirene, alarm detektor asap, atau tangisan bayi.

Fitur ini diharapkan mampu membantu kaum tuli agar bisa waspada terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka.

2. Back Tap feature

Menurut Forbes, fitur ini bisa digunakan untuk melakukan sesuatu seperti meng-capture layar lebih sederhana, sehingga membantu orang-orang yang memiliki gangguan kognitif atau motorik.

Meski begitu, fitur ini juga mempermudah semua orang. Hanya dengan tap dua kali di belakang ponsel, kamu bisa mengakses notification center tanpa harus swipe layar ke bawah (pengguna iPhone X ke atas).

3. Pembaruan FaceTime

FaceTime pada iOS 14 mampu mendeteksi ketika seseorang menggunakan bahasa isyarat. Lalu secara otomatis memfokuskan orang tersebut, sehingga bahasa isyarat yang disampaikan akan lebih mudah dilihat.

Selain itu, tvOS 14 sedang mengembangkan sebuah controller bersama Microsoft Xbox Adaptive Controler yang didesain untuk penyandang disabilitas. (shn)


Berita ini sudah tayang di merahputih.com dengan judul 3 Fitur iOS 14 Ini Bermanfaat Bagi Penyandang Disabilitas



KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama