Iklan

Cara Dan Klaim Untuk Mendapatkan Subsidi Tambahan Berupa listrik Gratis

Editor
Kamis, 02 Juli 2020 | Juli 02, 2020 WIB Last Updated 2022-06-13T16:46:02Z

listrik gratis dan diskon tagihan bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA

ngeliput.com -  jakarta Program listrik gratis diperpanjang hingga September 2020. Golongan rumah tangga yang mendapat listrik gratis adalah golongan rumah tangga 450 VA sebanyak 24 juta pelanggan dan 900 VA 7,3 juta. Sehingga total bantuan yang diberikan sebanyak 31,2 juta pelanggan.

Ada lima tata cara dan klaim untuk mendapatkan subsidi tambahan berupa listrik gratis dan diskon tagihan bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA. Direktur Niaga dan Managemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, untuk golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA ada dua tipe pertama, pelanggan gunakan listrik prabayar dan pasca-bayar.

"Kalau pasca-bayar otomatis diskonnya ditambahkan di rekeningnnya sehingga masyarakat tidak perlu bayar lagi dan pembayarannya nol," tuturnya, dikutip Kamis (2/7/2020).

Kemudian pelanggan prabayar atau yang menggunakan token, selama 6 bulan diberikan token gratis dengan jumlah kWh sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terkahir (Desember 2019-Februari 2020) untuk periode pembelian token Juli, Agustus dan September.

Ada banyak channel bisa dilakukan untuk pelaksanaan pembayaran ini, di mana PLN siapkan 5 channel untuk bisa mendapatkan nomer token. Pertama, lock on atau masuk melalui web PLN.

"Diakses web itu mudah, para pelanggan masuk menu pelanggan dan masuk pilihan stimulus covid, masukan id pelanggan atau nomer meter. Foto lalu masukan dan kemudain token gratis masukan ke layar dan di capture kemudian masukan ke meteran," tuturnya.

Kemudian, melalui akses Whatsapp PLN pada nomer 08122123123. Di sini pelanggan tinggal mencantumkan nomer id atau meter untuk mengambil kode token melalui WA. PLN mengimbau kepada masyarakat untuk menghubungi perangkat daerah terdekat, sehingga bisa mendapat bantuan akses dari Pemerintah Daerah setempat. Kemudian bila memang pelanggan tidak memiliki WA atau tidak mampu akses website, bisa kontak call center 123.

"Sebutkan id pelanggan saja nanti diberikan nomer angka dan dimasukan ke dalam kWh meter," tuturnya.

Dia mengatakan, bila dengan keempat cara tersebut tidak bisa juga mendapat token gratis, maka ada cara lain mendatangi kantor PLN terdekat. Di mana saat ini terdapat 857 unit layanan dan 117 unit layanan yang bisa dikunjungi pelanggan.

"Jadi silakan pergi ke kantor PLN terdekat ini untuk pelaksanaan cara dapat token," tuturnya.
(kmj)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Dan Klaim Untuk Mendapatkan Subsidi Tambahan Berupa listrik Gratis

Trending Now

Iklan