Iklan

Lokasi Longsor Sumedang Rawan, Warga Bakal Direlokasi

Editor
Senin, 11 Januari 2021 | Januari 11, 2021 WIB Last Updated 2022-06-13T16:45:26Z
Lokasi Longsor Sumedang Rawan, Warga Bakal Direlokasi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, rawan menjadi permukiman warga. Ilustrasi (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Bandung, NGELIPUT.com -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, rawan menjadi permukiman warga. Menurutnya, tak semua lahan laik untuk menjadi tempat tinggal.

"Ini menjadi peringatan, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama karena tidak semua lahan layak untuk ditinggali dan tidak bisa dipaksakan. Lahan ini sebenarnya memang rawan untuk ditinggali," kata Emil dalam keterangan tertulis, Minggu (10/1).

Emil meninjau langsung lokasi tanah longsor yang memakan korban jiwa tersebut. Ia pun meminta semua pihak untuk waspada terhadap longsor susulan. Menurut laporan yang diterima, masih terjadi retakan tanah di sekitar lokasi bencana.

"Sesuai protokol juga semua masyarakat di radius yang rawan ini sudah dievakuasi ke tempat lebih aman," ujarnya.

Emil mengatakan longsor setinggi 20 meter dan panjang 40 meter itu terjadi pada lahan dengan kemiringan yang curam. Bahkan, katanya, terjadi dua kali longsor pada lokasi yang tak berbeda jauh.

"Korban mayoritas adalah para penolong longsor pertama, termasuk Pak Danramil (Cimanggung) yang menjadi korban," ujarnya.

Selain Danramil Cimanggung Kapten Inf Setyo Pribadi, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Yedi dan Humas UAR (Potensi SAR) Cahyo Riyadi, menjadi korban saat melaksanakan tugas.

Menurut Emil, BPBD Jabar, BPBD Kabupaten Sumedang, Basarnas, dan TNI/Polri, terus mencari korban longsor yang belum ditemukan. Ia berharap semua korban dapat segera ditemukan.

"Kami sedang bergerak menolong semoga sehari dua hari selesai, karena areanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan pertolongan. Mohon kerja samanya memberikan ruang kepada petugas untuk mengamankan dan secepatnya memberikan pertolongan," katanya.

Setelah meninjau lokasi bencana longsor, Emil menyerahkan bantuan untuk warga terdampak bencana longsor. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Sumedang.

Sementara itu, BPBD Jabar sudah mengirim bantuan berupa sembako dan peralatan untuk membantu proses evakuasi. Selain itu, BPBD Jabar mendirikan dapur umum yang berlokasi di SMA Negeri 1 Cimanggung.

Warga Direlokasi

Sementara, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berharap masyarakat di sekitar area longsor, termasuk korban bersedia direlokasi lantaran wilayah mereka telah masuk zona merah.

Doni pun meminta warga tak berada di sekitar lokasi longsor sampai ada pemberitahuan resmi hasil kajian pemerintah soal rumah atau wilayah yang masih bisa ditempati.

"Bagi yang sudah diputuskan, kawasan itu adalah zona merah masyarakat harus ikhlas melepaskan rumah dan tanahnya untuk direlokasi di tempat yang baru," ujar Doni.

Menurut Doni, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membantu warga mencari lahan baru jika direlokasi. Pemerintah pun siap membantu warga yang menjadi korban longsor. Bantuan nantinya akan diklasifikasi berdasarkan tingkat kerusakan hunian akibat longsor.

Jenderal bintang tiga itu menjelaskan bantuan sebesar Rp50 juta akan diberikan bagi warga yang rumahnya mengalami rusak berat. Sedangkan, untuk rumah rusak sedang sebesar Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

"Sampai dengan tadi pagi, jumlah kerusakan masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Sumedang," katanya.

Doni mengatakan pihaknya juga telah memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk menangani bencana longsor di Desa Cihanjuang, Sumedang tersebut.

Hingga saat ini, aparat gabungan yang dipimpin Basarnas masih terus melakukan evakuasi korban di lokasi longsor.

BNPB mencatat, jumlah korban longsor ini mencapai 19 jiwa. Selain korban meninggal, 18 warga mengalami luka-luka, dengan rincian luka berat 3 jiwa dan 15 luka ringan.

(hyg/thr/fra)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Lokasi Longsor Sumedang Rawan, Warga Bakal Direlokasi",

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lokasi Longsor Sumedang Rawan, Warga Bakal Direlokasi

Trending Now

Iklan