Iklan

Siapkan Protokol Kesehatan Pemain yang Terinfeksi Covid-19 Panitia Liga Italia Dimulai Lagi 20 Juni

Editor
Minggu, 28 Juni 2020 | Juni 28, 2020 WIB Last Updated 2022-06-13T16:46:10Z


Ngeliput.com - Sempat terhenti sejak pertengahan Maret lalu karena krisis COVID-19, Liga Italia resmi akan dimulai lagi pada 20 Juni mendatang.

Pengumuman resmi Liga Italia dimulai lagi pada 20 Juni dilakukan menyusul pertemuan antara Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora, Lega Serie A, AIC (Asosiasi Pemain Italia), FIGC (PSSI-nya Italia), dan Asosiasi Dokter Olahraga Italia pada Kamis (28/5/2020).

"Ini pertemuan yang sangat berguna. Kami sudah bilang sejak awal bahwa sepak bola akan dilanjutkan jika kondisi yang menjamin kesehatan dan keselamatan sudah tercapai," ujar Spadafora kepada Corriere dello Sport.

"Italia bangkit berdiri dan benar jika sepak bola melakukan hal yang sama."

Menurut Spadafora, CTS (Komite Sains Teknikal) sudah menyetujui protokol kesehatan untuk pertandingan yang diajukan oleh FIGC.

Protokol itu tidak jauh berbeda dari protokol untuk latihan yang juga telah disetujui.
"Ada jaminan dan kesepakatan bersama soal apa yang harus dilakukan jika ada pemain yang dites positif di tengah kompetisi," lanjut Spadafora.

Dalam kasus seperti itu, tercapai kesepakatan bahwa seluruh tim akan diisolasi selama 14 hari.

Individu yang dites positif itu akan dikarantina.

Spadafora juga menyatakan FIGC menjamin bahwa sudah ada Plan B dan Plan C seandainya kompetisi disetop lagi karena ada gelombang kedua COVID-19.
"Rencananya adalah melanjutkan kompetisi mulai 20 Juni," kata Spadafora.

"Jika terjadi penghentian kompetisi lagi, akan ada Plan B dan Plan C."

"Plan B adalah menggunakan play-off untuk menentukan posisi yang krusial di klasemen. Sedangkan Plan C adalah memakai klasemen yang sudah ada," imbuhnya.

Plan C yang dimaksud Spadafora tampaknya adalah penggunaan rata-rata poin di klasemen yang sudah eksis seperti yang dilakukan di Liga Prancis.

"Jika diperlukan, FIGC yang akan mengeksekusi Plan B dan Plan C," ujar Spadafora.

Hari ini, Jumat (29/5/2020), Lega Serie A akan mengadakan pertemuan lagi untuk menentukan jadwal pertandingan lengkap Liga Italia dimulai lagi.(*)

Berita ini sudah tayang di bolasport.com dengan judul Liga Italia Dimulai Lagi 20 Juni, Ini Plan B dan Plan C jika Ada Gelombang Kedua COVID-19

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siapkan Protokol Kesehatan Pemain yang Terinfeksi Covid-19 Panitia Liga Italia Dimulai Lagi 20 Juni

Trending Now

Iklan