Iklan

Presiden Puji Upaya Adaptas Prakondisi Menuju Tatanan Baru Sektor Pariwisata Banyuwangi

Editor
Sabtu, 27 Juni 2020 | Juni 27, 2020 WIB Last Updated 2022-06-13T16:46:22Z
Presiden Puji Upaya Adaptas Prakondisi Menuju Tatanan Baru Sektor Pariwisata Banyuwangi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Ngeliput.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, dalam rangka meninjau persiapan prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

"Sore hari ini saya melihat secara langsung persiapan prakondisi Banyuwangi dalam rangka menyiapkan menuju tatanan baru di sektor pariwisata," kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, 25 Juni 2020.
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dinilai tidak main-main dalam mematuhi protokol kesehatan di sektor pariwisata. Seperti menerapkan teknologi yang dapat mengatur kapasitas destinasi wisata.

Menurutnya, Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang paling serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi agar nantinya dapat kembali bergerak dan memastikan keamanan serta keselamatan para pengunjungnya.
Wisatawan yang akan mengunjungi satu destinasi tertentu diharuskan memesan tiket secara online. Sistem Ini akan berhenti apabila kapasitas destinasi tersebut telah mencapai batas kunjungan.

Pemerintah setempat juga melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata. Uji kompetensi ini turut melibatkan Dinas Kesehatan Banyuwangi.

"Saya melihat di lapangan Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan prakondisi menuju normal baru," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini turut memuji Banyuwangi yang melibatkan masyarakat dalam pengembangan sektor pariwisata. Masyarakat diberikan kesempatan mengambil ceruk dengan mendirikan rumah singgah atau homestay.

"Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat, yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor," ujar Jokowi.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendukung penuh Kabupaten Banyuwangi dalam menggerakkan sektor pariwisata. Terutama saat menerapkan prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, sektor pariwisata di Banyuwangi juga melibatkan dan memberi porsi kepada masyarakat setempat untuk turut bergerak mendukung sektor pariwisata.
Di kabupaten tersebut, misalnya, hotel-hotel bertaraf serupa bintang tiga ke bawah seperti rumah singgah atau homestay merupakan ceruk pasar warga setempat sehingga perizinannya hanya diperuntukkan bagi rakyat kecil.
“Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat, yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor,” kata Presiden.

Kepala Negara mendukung penuh apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menggerakkan sektor pariwisatanya, utamanya dalam hal prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Kita mendukung penuh apa yang dilakukan pak Bupati dan Gubernur dalam menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru sehingga nantinya saat timing yang tepat dibuka kembali, masyarakat terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden saat meninjau Pantai So Long antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

(BPMI/EN)The post Presiden Puji Upaya Prakondisi Menuju Tatanan Baru Sektor Pariwisata Banyuwangi appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Presiden Puji Upaya Adaptas Prakondisi Menuju Tatanan Baru Sektor Pariwisata Banyuwangi

Trending Now

Iklan