Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi Ajak KTT ASEAN Perkuat Kerja Sama di Tengah Pesimisme terhadap Multilateralisme

Jumat, Juni 26, 2020 | 7:43 PM WIB Last Updated 2020-07-19T05:54:30Z

Ngeliput.com -Jakarta, Ngeliput – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para pemimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sepakat untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi perubahan dunia, termasuk siap menghadapi pandemi Covid-19.

“Pertama adalah leaders’ visions statement on cohesive and responsive ASEAN, rising above challenges and sustainable growth. Sementara dokumen yang kedua adalah ASEAN Declaration on Human Resource Development for the Changing World of Work,” ujar Menlu usai mendampingi Presiden Joko Widodo usai mengikuti acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-36 ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (26/6).

"Dokumen pertama pada intinya berisi komitmen pemimpin ASEAN untuk memperkuat solidaritas dan mekanisme kawasan guna mewujudkan ASEAN yang kokoh dan mampu mengatasi tantangan dunia saat ini,” kata Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi saat menghadiri KTT ASEAN dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).

Dokumen yang kedua yang diadopsi, Menlu sampaikan terkait dengan human resources development jadi ASEAN Declaration on Human Resource Development for the Changing World of Work.

"Deklarasi juga menyoroti penerapan atau pentingnya inklusivitas pendidikan dan pekerjaan terutama bagi wanita, disabilitas, lansia (lanjut usia), dan warga di wilayah terpencil. Selain itu, menyoroti pentingnya penerapan inovasi dan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan infrastruktur untuk memastikan akses internet dan IT sehingga peluang revolusi industri 4.0 dapat dilakukan,” terang Retno Marsudi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengikuti upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-36 ASEAN melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). Dengan tema "ASEAN yang Kohesif dan Responsif" Presiden Jokowi dan para pemimpin di kawasan ASEAN membahas sejumlah inisiatif dan kerja sama, termasuk dalam menangani pandemi Covid-19.

Turut mendampingi Presiden dalam pembukaan KTT ke-36 ASEAN yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
×
Berita Terbaru Update