Iklan

Kharisha Khanesha
Friday, January 01, 2021, 3:13 PM WIB
Last Updated 2021-01-01T08:17:34Z
DoodlegoogleGoogle DoodleGoogle doodle hari iniGoogle doodle tahun baru 2021NewsTeknologi

Rayakan Tahun Baru 2021, Google Hadirkan Doodle Berbentuk Jam Burung Ikonik

Advertisement
Google Doodle Tahun Baru 2021. [Screenshot]



Suara.com - Google merayakan tahun baru 2021 lewat doodle, berupa jam burung ikonik yang muncul di halaman awal pencarian hari ini, Jumat (1/1/2021).

Doodle jam serupa sebelumnya juga muncul pada Kamis (31/12/2020) saat Google merayakan malam tahun baru. Namun dalam doodle hari ini Google menambahkan sedikit perbedaan.

Doodle yang muncul pada malam tahun baru hanya berbentuk jam rumah burung kuno yang ikonik dengan tulisan 2020 di bagian bawahnya.

Doodle tersebut juga menampilkan kata "Google" yang didekorasi dengan lampu warna-warni senada dengan warna icon Google, yaitu biru, kuning, merah, dan hijau.

Tetapi, doodle untuk merayakan 2021 lebih meriah. Meski masih menampilkan jam berbentuk rumah burung kuno dengan kata "Google" yang didekorasi lampu warna-warni.

Google menambahkan animasi burung berwarna kuning keluar melalui jendela di atas jam yang menunjukkan tepat pukul 12 malam.

Burung tersebut keluar sebanyak tiga kali dengan animasi yang berbeda-beda. Pertama, saat burung itu keluar ia terlihat meneriakkan "2021" dengan bubble text berwarna hijau.

Kedua kalinya, burung tersebut muncul menggunakan topi pesta berwarna ungu. Terakhir, burung itu terlihat terbang mengepakkan sayapnya dengan confetti warna-warni muncul di sekitarnya.

Selain itu, bagian bawah jam tersebut pun telah berubah menjadi 2021.

"Waktunya telah tiba untuk menyambut yang baru, jam menunjukkan tengah malam dan keluarlah kukuk! 'Semuanya yang terbaik untuk tahun baru,' kicauan burung kukuk untuk didengar semua orang! Selamat Tahun Baru!" tulis Google dalam laman resmi Google doodle.

Tak hanya melalui doodle di halaman awal pencarian, Google juga menambahkan sedikit sentuhan ekstra untuk merayakan tahun baru 2021 dengan taburan confetti virtual di halaman pencariannya.

Jika pengguna mengetik "New year's Day" pada kolom pencarian Google, itu akan menampilkan ikon berbentuk kerucut animasi berwarna biru di sisi kanan pada panel pengetahuan.

Pengguna dapat mengklik ikon kerucut tersebut dan confetti warna-warni akan bertaburan menghiasi laman pencarian pengguna.

Google doodle menyambut tahun baru 2021 ini muncul di seluruh negara, tak hanya Indonesia. Seperti yang diketahui, pengguna dapat mengklik doodle di halaman awal pencarian dan menemukan berbagai berita atau artikel mengenai tahun baru 2021.

Artikel ini telah tayang di Suara.com dengan judul Rayakan Tahun Baru 2021, Google Hadirkan Doodle Berbentuk Jam Burung Ikonik,

Penulis: Dythia Novianty | Lintang Siltya