Notification

×

Iklan

Iklan

Smartphone, Tips Meningkatkan Keamanan dan Privasi

Senin, Agustus 17, 2020 | 3:09 AM WIB Last Updated 2020-08-17T10:11:35Z
Smartphone, Tips Meningkatkan Keamanan dan Privasi
Ilustrasi Meningkatkan Keamanan dan Privasi Smartphone

Beritateknologi.id - Bahkan sebelum pandemi covid-19 memaksa banyak dari kita untuk bekerja dari rumah, smartphone kami memiliki sejumlah besar penyimpanan data rahasia pada mereka. 


Dari informasi rekening bank, dompet digital, dokumen resmi untuk akses ke media sosial, semuanya disimpan. Hal ini jadi penting untuk mencegah informasi rahasia jatuh ke tangan yang salah.

Berikut adalah tips sederhana yang akan membantu sekaligus bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Gunakan Password Yang Kuat

Ketika kita hidup di dunia di mana memakai masker telah menjadi hampir wajib dan membuka smartphone menjadi masalah. Kamu harus memiliki kode akses tidak hanya untuk ponsel, tetapi kode sandi aplikasi media sosial yang terpisah, aplikasi perbankan juga masuk. 

Bahkan jika seseorang menemukan ponsel kamu secara tidak sengaja dibuka, mereka tidak akan dapat mengakses aplikasi.

Perbarui software secara berkala

Kamu tidak boleh mengabaikan pemberitahuan untuk pembaruan software. Memperbarui software ponsel (Android atau IOS) sangat membantu mengurangi risiko kerusakan akibat malware.

Matikan Bluetooth bila tidak digunakan

Sebagian besar pengguna smartphone sering kali lupa selalu menghidupkan Bluetooth. Padahal dari sini bisa saja orang jahat dapat mengambil data pribadi kamu dengan mudah. Maka dari itu, jangan sampai lupa mematikan Bluetooth.

Hindari rooting dan jailbreak

Meskipun rooting perangkat Android atau jailbreak iPhone memiliki tujuan sendiri, namun itu dapat membuat perangkat rentan terhadap hacking. Jadi tetap menggunakan setelan dari pabrik merupakan jalan terbaik.

Mengenkripsi data

Android dan iOS memiliki pilihan di mana kamu dapat mengenkripsi data pada smartphone. Bahkan jika seorang hacker atau pencuri mendapatkan ponsel kamu, mengakses data tidak akan mudah sama sekali.

Gunakan anti-virus

Seperti menggunakan anti-virus pada komputer atau laptop, mereka dapat diinstal pada smartphone. Anti-virus dapat mencegah perangkat dari malware, situs berbahaya, virus, dan upaya hacking. Ada berbagai pilihan yang tersedia untuk memilih anti-virus dan termasuk akses gratis ke VPN.

Jangan asal menginstal aplikasi


Jangan hanya mendownload file APK yang dikirim untuk Android atau disarankan pada situs web tertentu. Aplikasi ini dapat bekerja sebagai tempat berkembang biak untuk mencuri informasi rahasia. 

Terkadang, aplikasi ini menuntut pembaruan yang bermaksud jahat. Men-download aplikasi pihak ketiga ini harus dihindari jika kita tidak tahu asalnya.

Artikel ini telah tayang di Teknologi.id dengan judul "Tips Meningkatkan Keamanan dan Privasi Smartphone".
×
Berita Terbaru Update