Iklan

Kembali Bersaing Di Kompetisi, Leeds United Kembali ke Premier League Setelah 16 Tahun

Editor
Sabtu, 18 Juli 2020 | Juli 18, 2020 WIB Last Updated 2022-06-13T16:45:44Z
Kembali Bersaing Di Kompetisi, Leeds United Kembali ke Premier League Setelah 16 Tahun

Leeds United promosi ke Liga Inggris musim depan. (Action Images/Paul Childs)

Jakarta, CNN Indonesia -- Leeds United berhasil meraih tiket promosi ke Premier League musim depan. Hasil ini turut mengakhiri penantian Leeds selama 16 tahun untuk kembali bersaing di kompetisi kasta tertinggi di Inggris.

Skuad asuhan Marcelo Bielsa memastikan tiket promosi setelah pesaing terdekat yakni West Bromwich Albion menelan kekalahan 1-2 saat tandang ke markas Huddersfield Town.

Kekalahan yang dialami West Brom membuat Leeds paling rendah mengakhiri kompetisi Divisi Championship di posisi dua besar. Seperti diketahui hanya juara dan posisi kedua Divisi Championship yang berhak atas tiket langsung promosi ke Premier League.

Leeds saat ini menempati posisi puncak klasemen dengan mengoleksi 87 poin dari 44 laga. Sedangkan West Brom mengemas 82 poin dari 45 pertandingan.

The Whites, julukan Leeds, juga bakal memastikan gelar Divisi Championship jika tim peringkat ketiga, Brentford gagal mengalahkan tuan rumah Stoke City, Sabtu (18/7). Opsi lainnya adalah Leeds meraih satu poin saat meladeni Derby County untuk memastikan gelar pada Minggu (19/7).

Keberhasilan Leeds meraih tiket promosi tidak lepas dari tangan dingin Bielsa. Pelatih asal Argentina itu sukses menyulap tim yang bermarkas di Stadion Elland Road itu menjadi tim papan atas Divisi Championship.

Di musim lalu, Leeds sebenarnya bisa melangkah hingga semifinal babak playoff Divisi Championship. Namun, langkah Pablo Hernandez dkk untuk melangkah ke final dihentikan Derby County.

Kegagalan itu dibayar lunas musim ini. Leeds tampil meyakinkan sejak awal musim hingga akhirnya memastikan satu tiket untuk tampil di Premier League musim depan.

Leeds sendiri bukan nama asing dalam persaingan di pentas Premier League. Klub yang identik dengan warna putih itu pernah menjadi tim yang disegani pada 1997-2001.

Leeds sempat lolos hingga semifinal Liga Champions 2001 dan pernah diperkuat para pemain hebat seperti Eric Cantona, Rio Ferdinand, Jonathan Woodgate, Alan Smith, Lee Bowyer, Harry Kewell sampai Mark Viduka.

Sialnya masalah finansial membuat Leeds terus mengalami kemerosotan prestasi. Tim asal Yorkshire itu pun sempat diturunkan ke ke League One atau kompetisi kasta ketiga Liga Inggris tahun 2007.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "Leeds United Kembali ke Premier League Setelah 16 Tahun"

Penulis: CNN Indonesia
Editor: CNN Indonesia
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembali Bersaing Di Kompetisi, Leeds United Kembali ke Premier League Setelah 16 Tahun

Trending Now

Iklan