Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Menu Saham Hari Ini IHSG Rawan Melemah

Sabtu, Juni 27, 2020 | 10:53 AM WIB Last Updated 2020-07-19T05:30:31Z
Foto: ilustrasi/ tirto


Ngeliput.com - Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 1,37% ke level 4.896,73 kemarin, Kamis (25/6).

Pelemahan IHSG kemarin diserert oleh seluruh sektor saham yang kompak memerah.

Indeks saham sektor konstruksi menjadi indeks dengan penurunan terdalam, mencapai 2,03%. Selain itu, indeks saham sektor barang konsumsen turun 1,72% dan indeks saham sektor manufaktur turun 1,55%

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, IHSG hari ini masih akan terseret sentimen global, seperti pergerakan bursa global dan stimulus negara-negara Eropa untuk menghadapi Covid-19.

"Kami memperkirakan IHSG cenderung terkoreksi dengan rentang pergerakan 4.880-5.000, terang Herditya, kemarin.

Senada, Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani menilai, IHSG hari ini masih berpeluang melemah. Sentimen utama pelemahan IHSG hari ini adalah lonjakan kasus Covid-19 dan kekhawatiran pelaku pasar akan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Pergerakan IHSG Sepekan

International Monetary Fund (IMF) memprediksi, ekonomi dunia akan mengalami kontraksi 4,9% tahun ini. Angka tersebut lebih rendah 1,9% jika dibandingkan dengan proyeksi bulan April lalu yang memperkirakan produk domestik bruto (PDB) global terkontraksi 3%.

Hendriko memprediksi IHSG hari ini akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah. "Level support di 4.831-4.844 dan resistance di 4.920-5.000, kata dia.

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya juga memprediksi IHSG masih memiliki ruang melemah yang cukup besar. Sentimen negatif global serta melemahnya nilai tukar rupiah turut memberikan dampak negatif terhadap pergerakan indeks saham.

Namun, koreksi ini ia nilai masih wajar. William menyebut momentum ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi beli dengan target jangka pendek.

Proyeksi William, IHSG hari ini berpotensi melemah dengan kisaran 4.789-4.971. Saham yang perlu dicermat pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini antara lain: saham ICBP, saham MYOR, saham SMGR, saham SRIL, saham UNVR, dan saham BBCA.

Sementara Herditya merekomendasikan buy on weaknes saham JPFA, BSDE, serta BBNI dan sell on strength saham JSMR. 

Sumber : insight.kontan
×
Berita Terbaru Update