Notification

×

Iklan

Iklan

Apa Itu Malam 1 Suro? Inilah Mitos dan Fakta 1 Muharram dalam Islam

Rabu, Agustus 19, 2020 | 8:55 PM WIB Last Updated 2020-08-20T03:56:59Z
Apa Itu Malam 1 Suro? Inilah Mitos dan Fakta 1 Muharram dalam Islam
ILUSTRASI bulan baru - Dalam kalender penanggalan Jawa, 1 Muharram juga selalu dibarengi dengan peringatan 1 Sura/Suro. Apa itu malam 1 Suro? 

TRIBUNNEWS.COM - Kalender penanggalan Islam akan membuka lembaran baru dengan datangnya Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 H.

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H jatuh pada Kamis (20/8/2020).

Dalam kalender penanggalan Jawa, 1 Muharram juga selalu dibarengi dengan peringatan malam 1 Sura/Suro.

Menurut kepercayaan setempat, malam 1 Suro dikenal sakral dan penuh aura mistis.

Bahkan mitosnya, malam 1 Suro konon merupakan Lebarannya makluk gaib.

Ada sebuah mitos yang menyatakan, malam 1 Suro menjadi malam buruk dalam satu tahun.

Bahkan kerap dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus.

Pada zaman dahulu, masyarakat Kejawen meyakini musibah dan bencana terjadi pada malam 1 Suro.

Malam 1 Suro juga dikenal sebagai tradisi ruwatan untuk membuang sial.

Padahal sebenarnya malam 1 Suro adalah malam penuh kemuliaan bagi umat Islam

Dirangkum dari Tribunnews.com, berikut beberapa fakta tentang malam 1 Muharram dalam Islam :

1. Bulan Muharram termasuk bulan haram

Dalam agama Islam, bulan Muharram (dikenal orang Jawa sebagai bulan Suro) adalah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram.

Dalam firman Allah Ta’ala berikut (yang artinya), "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu." (QS. At Taubah: 36)

Menurut Abu Bakroh, Nabi Muhammad S.A.W bersabda, "Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Artinya dalam satu tahun ada 12 bulan, di antara ada empat bulan haram (suci). Bulan tersebut adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban." (HR. Bukhari)

Lalu kenapa bulan tersebut disebut bulan haram?

Menurut Al Qodhi Abu Ya’la ahimahullah, ada dua makna bulan haram.

Pertama bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan.

Kedua adanya larangan berbuat buruk ditekankan karena bulan ini lebih baik dari bulan lainnya.

2. Bulan Muharram adalah Syahrullah (Bulan Allah)

Nabi Muhammad S.A.W bersabda, "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah shalat wajib adalah salat malam." (HR. Muslim)

3. Misteri Malam satu Suro menurut Islam

Dalam ajaran Islam, mencela waktu termasuk bulan hukumnya adalah haram.

Mencela termasuk kebiasaan orang-orang kafir jahiliyah. Mereka menganggap, yang membinasakan dan mencelakakan mereka adalah waktu.

Allah pun mencela perbuatan mereka ini, sebegaimana pernah dijelaskan dalam firman-Nya,

وَقَالُوا مَا هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَا إِلَّا الدَّهْرُ وَمَا لَهُمْ بِذَلِكَ مِنْ عِلْمٍ إِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ

“Dan mereka berkata: ‘Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa (waktu)’, dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja.” (QS. Al Jatsiyah [45] : 24).

Doa Awal Tahun

Jelang Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa akhir tahun dan awal tahun.

Doa awal tahun memasuki bulan Muharram 2019 dibaca dengan harapan di tahun baru mendatang seseorang bisa menjadi lebih baik lagi.

Doa awal tahun dibaca pada detik-detik memasuki hari pertama awal Tahun Baru Islam 1441 H.

Doa awal tahun biasanya dibaca sebanyak tiga kali setelah Maghrib.

Doa awal tahun berisi tentang harapan harapan yang akan atau ingin dicapai selama satu tahun ke depannya.

Juga permohonan perlindungan dari Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Berikut doa awal tahun:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ

اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Lafal latin: Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan-Mu yang agung dan kedermawanan-Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada-Mu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!

Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H

Menyambut datangnya tahun baru Islam, lazim bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa.

Agar pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT.

Ada banyak kata dan variasi ucapan selamat Tahun Baru Islam 1442 yang bisa kita pakai dalam bahasa Indonesia hingga bahasa Inggris.

Berikut kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan gambar:

Bahasa Indonesia

  1. Semoga kita semua dapat Hijrah ke kehidupan yang lebih baik. Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.
  2. Alhamdulilah kita bisa bertemu kembali di tahun baru ini. Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.
  3. Semarak 1 Muharram 1442 Hijriyah, menjadi tanda akan kesuksesan di tahun baru ini. Amin.
  4. Semoga semua harapan bisa terwujud. Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.
  5. Tahun baru datang sebagai pengingat untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di tahun sebelumnya.

Oleh karenanya, awal tahun menjadi awal yang tepat bagi kita untuk memperbaiki diri terhadap apa yang telah diperbuat di masa lalu.

  1. Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah Semoga Islam semakin memberi cahaya peradaban di tengah masyarakat dunia. Amiin.
  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Kami mengucapkan, Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram - 1442 H. Semoga kita semua dapat Hijrah menuju kehidupan dan amal yang lebih baik.
  3. Selamat tahun baru Islam 1442 H. Semoga makin bertambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, damai selalu NKRI.
  4. Bahasa jawanya garam itu adalah uyah

Niat hati kepasar membeli sayuran dapatnya akik

Selamat tahun baru Islam 1441 Hijriah

Semoga kita semua dpt hijrah ke kehidupan yang lebih baik

  1. Wahai sahabatku, pertebal iman, perbanyak ibadah. Mari sambut 1442 Hijriah dengan tekad menjadi khalifah untuk kebermanfaatan bumi beserta isinya.

Bahasa Inggris

  1. Happy New Islamic Year, may Allah make it a good and blessed year for you
  2. In the New Year, you carry all the experiences of the past years and that is the greatest power of every New Year! This year again, you are less student and more master!
  3. Happy New Islamic Year 1 Muharram 1442 H, Hopefully this year is better than the previous year
  4. Bad times you experienced this year will end with the year to be, and notice that this new year will hopefully happy new year friend.
  5. Before the new year expresses the happiness, I had the support of my loved ones, each of them wish you a Happy New Islamic Year 1 Muharram 1442 H.
  6. Happy New Islamic Year 1 Muharram 1442 H, Hopefully this year is better than the previous year.
  7. Happy New Islamic Year 1 Muharram 1442 H. May Allah this new year bring many opportunities your way to explore every joy of life and many your resolutions for the days ahead stay firm, turning all your dreams into reality and all your efforts into great achievements
  8. Happy New Islamic Year, may Allah make it a good and blessed year for you.
  9. New is year, New is resolution, New are the spirit and New are my warm. Wishes just for you, Have a promising and fulfilling New year, Happy New Islamic Year 1 Muharram 1442 H
  10. The month of Muharram. Nabi Muhammad SaW said: The best fasting after the month of ramadhan is fasting in the month of Muharram.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Mitos dan Fakta Tentang Malam 1 Suro atau 1 Muharram dalam Islam

(Tribunjogja.com/Dwi Latifatul Fajri)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Apa Itu Malam 1 Suro? Inilah Mitos dan Fakta 1 Muharram dalam Islam.

Editor: Sri Juliati
×
Berita Terbaru Update