Notification

×

Iklan

Iklan

Alasan Achmad Yurianto Diganti Reisa Broto Asmoro Seputar Penanganan Wabah Covid-19 di Indonesia.

Jumat, Juli 03, 2020 | 8:25 AM WIB Last Updated 2020-07-10T14:09:56Z
Reisa Broto Asmoro ditunjuk sebagai bagian Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19. (Humas BNPB Indonesia /Ignatius Toto Satrio)

ngeliput.com - Jika biasanya siaran tentang perkembangan virus corona yang digelar oleh Gugus Tugas Covid-19 menampilkan Achmad Yurianto sebagai juru bicara. Sejak Senin (8/6/2020), yang mengungkap informasi ini adalah dr Reisa Broto Asmoro. Apa alasan dari pergantian ini, ya?

Dokter Reisa Broto Asmoro memang kerap muncul di layar kaca televisi. Jika biasanya Reisa menjadi pembawa acara talk show kesehatan keluarga di salah satu stasiun televisi swasta, kali ini, dia muncul menjadi juru bicara Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19. Dia pun bertugas untuk menyampaikan kabar terkini seputar penanganan dan perkembangan wabah Covid-19 di Indonesia.

Sejak Senin (8/6/2020), Reisa ambil bagian dalam siaran berita tentang kondisi terkini penyebaran virus corona. Dalam acara tersebut, tertulis keterangan jika Puteri Indonesia 2010 ini bertugas sebagai bagian Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19.

Hal itu menimbulkan pertanyaan dari  masyarakat Indonesia. Apalagi, belum ada keterangan pasti alasan mengapa perempuan 34 tahun ini ditugaskan menjadi bagian dari tim tersebut.

Dalam siaran yang diadakan pada pukul 15.30 WIB tersebut, dokter Reisa memberikan penjelasan umum terkait perkembangan covid-19. Namun, dia nggak sendirian. 

Ada juga Achmad Yurianto yang biasanya melakukan hal ini. Dia bertugas mengumumkan jumlah kasus terkini terkait Covid-19 di Indonesia meliputi jumlah kasus sembuh, meninggal, positif maupun jumlah tes harian.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi di balik penunjukan dokter Reisa sebagai bagian Tim Komunikasi. Ahmad Yurianto juga mengelak untuk memberikan keterangan.

“Tolong ditanyakan ke tim nya saja. Posisi saya jubir pemerintah bukan tim komunikasi publik,” ungkap Yuri.

Meski begitu, Yurianto memberi sedikit petunjuk mengenai kemungkinan alasan penunjukan dokter Reisa. 

Faktor pentingnya edukasi tentang Covid-19 bisa jadi  salah satu alasannya. Pengalaman dan popularitas dokter Reisa sebagai pembawa acara diharapkan bisa membuat masyarakat mau mempelajari banyak hal tentang virus corona sehingga mau menjalankan protokol kesehatan demi mencegahnya.

“Edukasi masyarakat menjadi hal utama yang harus dilakukan,” kata Yuri.

Kemunculan Reisa sebagai Tim Komunikasi menjadi perbincangan hangat warganet di Twitter ataupun Instagram. 

Dukungan pun diterima oleh Reisa. Melalui akun Instagram pribadinya, Reisa terlihat merepost sejumlah dukungan yang diterimanya. Dia pun mengucapkan terimakasih atas dukungan tersebut dan berharap bisa berkontribusi lebih dalam usaha penanganan Covid-19 di Indonesia.

Menurut kamu, keberadaan dokter Reisa membuat siaran Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19 menjadi lebih segar, nggak nih, Millens? (Tri/MG29/E07)

Artikel ini telah tayang di inibaru.id dengan judul Terjawab Sudah Alasan Achmad Yurianto Diganti Reisa Broto Asmoro, 

×
Berita Terbaru Update